Mengapa Terjadi Musim Hujan Berkepanjangan? Ini Analisis Ane Gan


Quote:Jangan Lupa

Quote:Sadarkah para Agan, kenapa terjadi hujan terus menerus yang harusnya musim kemarau?? Ane melakukan analisis berdasarkan studi ane di bidang Oceanography. Ane juga berdiskusi ama dosen Ane 

Spoilerfor Pendahuluan
Quote:Musim adalah salah satu pembagian utama tahun, biasanya berdasarkan bentuk iklim yang luas. Biasanya satu tahun terbagi menjadi empat musim, yaitu: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Tetapi, di Indonesia karena terletak di daerah tropis, maka hanya dibagi menjadi dua musim saja, yaitu: musim hujan dan musim kemarau.
Musim Penghujan terjadi pada bulan Oktober-Maret sedangkan Musim Kemarau terjadi Maret-Oktober


Spoilerfor Analisis Ane
Kenapa bisa terjadi hujan di musim kemarau ya gan?? Ini merupakan fenomena penyimpangan anomali suhu yang disebut Indian Ocean Dipole Mode (IODM). IODM merupakan terjadi perbedaan suhu permukaan laut (SPL) (anomali suhu) antara perairan samudera Hindia bagian timur (perairan jawa sumatera) dan perairan samudera Hindia bagian barat (perairan afrika). Yang saat ini terjadi adalah IODM (-)dimana SPL di perairan timur S. Hindia (perairan indonesia) lebih tinggi daripada SPL di perairan barat S. Hindia (perairan afrika). Akibatnya tekanan di perairan barat S.Hindia memiliki tekanan yang lebih tinggi dibanding perairan barat hindia. Jadi, massa air laut akan bergerak dari perairan barat S. Hindia ke perairan timur S. Hindia (dari afrika ke indonesia). Akibatnya terjadi hujan deras di Indonesia.


Spoilerfor Analisis Lanjutan


Spoilerfor Info Update Gan
Fenomena IOD ini sangat jarang terjadi, ni ane kasih infonya :
1. Tahun 1997, pernah terjadi fenomena kekeringan di Indonesia dimana terjadi 2 fenomena sekaligus IODM Positif dan El Nino
2. Tahun, 2006-2007, terjadi IODM positif terparah (ekstrem) menyebabkan musim kemarau yang lebih panjang dari pada musim penghujan
3. Tahun 2010, juga terjadi IODM positif kekeringan melanda pulau jawa
sumber : kuliah ane 


Spoilerfor Pesan TS:
Quote:Demikian Thread Scientific Ane . Pesan Ane "Sebelum Anda Berpergian siapkanlah payung, sampe bulan Agustus"


Spoilerfor Update info dari kaskuser
Quote:Original Posted By miko96001
IOD (Index Osilasi Dipolemode) negatif tergantung Nilainya Gan. . . .kurang dari (-0.5) Gan baru berpengaruh sma wilayah Indonesia, sperti skrang ini nilai DipolemodeIndex negatif (-0.6) sumber Bidang Cuaca Australia (www.bom.gov.au)
Spoilerfor Ini gan Data IOD


Sumber Lain :: JAMSTEC India 
Spoilerfor Nilai IOD (lebih dari -0.5)


Ini Untuk Prediksinya Gan (Update bulan mei)
Sumber dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) INDONESIA
BOM (Bureau of Meteorology) Australia

http://www.kaskus.co.id/thread/51ce97a13c118e314e000000/mengapa-terjadi-musim-hujan-berkepanjangan-ini-analisis-ane-gan/
Title : Mengapa Terjadi Musim Hujan Berkepanjangan? Ini Analisis Ane Gan
Description : Quote: Jangan Lupa Quote: Sadarkah para Agan, kenapa terjadi hujan terus menerus yang harusnya musim kemarau?? Ane melakukan analisis berda...

0 Response to " Mengapa Terjadi Musim Hujan Berkepanjangan? Ini Analisis Ane Gan"

Post a Comment

silahkan berkomentar ya....